Keterampilan Berpikir Kritis dan berargumen Siswa Sekolah Dasar di Yogyakarta sebagai Prediktor Kepedulian terhadap Lingkungan Hidup

Kumara, Amitya and Haryanta, Haryanta (2002) Keterampilan Berpikir Kritis dan berargumen Siswa Sekolah Dasar di Yogyakarta sebagai Prediktor Kepedulian terhadap Lingkungan Hidup. Lembaga Penelitian UGM, Yogyakarta.

[thumbnail of Amitya Kumara Haryanti_Keterampilan Berpikir Kritis Dan Berargumen Siswa Sekolah Dasar Di yogyakarta sebagai prediktor Kepedulian terhadap lingkungan hidup _2002.pdf] Text
Amitya Kumara Haryanti_Keterampilan Berpikir Kritis Dan Berargumen Siswa Sekolah Dasar Di yogyakarta sebagai prediktor Kepedulian terhadap lingkungan hidup _2002.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis dan berargumen pada siswa kelas 4 dan 5 SD. Pengukuran dilakukan dengan cara siswa diminta menanggapi secara lisan dan tertulis terhadap dua jenis stimulus Alat pengumpul data berupa vignet tentang permasalahan lingkungan hidup di Yogyakarta, tes kemampuan verbal, pedoman observasi, evaluasi karangan, skala kepribadian untuk mengukur kecenderungan introvert atau ekstrovert. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif guna mendapatkan gambaran mengenai kualitas ekspresi tulis maupun lisan yang merepresentasikan kepedulian siswa terhadap lingkungan hidup.
Berdasarkan analisis regresi tiga variabel penelitian pada stimulus Vignet diperoleh hargar 0.113 dengan harga p=0.039 dan pada stimulus foto diperoleh harga r = 0.022 dengan harga p 0.006, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan berargumen dan berpikir kritis dengan kepedulian siswa SD terhadap lingkungan hidup. Namun demikian apabila ditinjau lebih lanjut ternyata hanya kemampuan verbal saja yang memiliki korelasi yang signifikan terhadap ketrampilan berpikir kritis. Sedangkan kepedulian lingkungan hidup dan kepribadian tidak berkorelasi. Selanjutnya apabila diuji beda antara kemampuan ekspresi tulis dan ekspresi lisan ternyata ditemukan perbedaan, hasilnya lebih baik ekspresi tulis (rerata mean 16.59) dari pada ekspresi lisan (rerata mean = 12.57)

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Lingkungan Hidup, Sekolah Dasar
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Zia Nur Madani
Date Deposited: 26 Sep 2025 01:53
Last Modified: 26 Sep 2025 01:53
URI: https://ir.lib.ugm.ac.id/id/eprint/18127

Actions (login required)

View Item
View Item