Haryanta, Amitya Kumara Keterampilan Berpikir Kritis dan Berargumen Siswa Sekolah Dasar di Yogyakarta sebagai Prediktor Kepedulian terhadap Lingkungan Hidup: studi kasus permasalahan Malioboro. Lembaga Penelitian UGM, Yogyakarta. (Unpublished)
![[thumbnail of Amitya Kumara Haryanti_Keterampilan Berpikir Kritis Dan Berargumen Siswa Sekolah Dasar Di yogyakarta sebagai prediktor Kepedulian terhadap lingkungan hidup _2002.pdf]](https://ir.lib.ugm.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Amitya Kumara Haryanti_Keterampilan Berpikir Kritis Dan Berargumen Siswa Sekolah Dasar Di yogyakarta sebagai prediktor Kepedulian terhadap lingkungan hidup _2002.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis dan berargumen pada siswa kelas 4 dan 5 SD. Pengukuran dilakukan dengan cara siswa diminta menanggapi secara lisan dan tertulis terhadap dua jenis stimulus Alat pengumpul data berupa vignet tentang permasalahan lingkungan hidup di Yogyakarta, tes kemampuan verbal, pedoman observasi, evaluasi karangan, skala kepribadian untuk mengukur kecenderungan introvert atau ekstrovert. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa.
Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif guna mendapatkan gambaran mengenai kualitas ekspresi tulis maupun lisan yang merepresentasikan kepedulian siswa terhadap lingkungan hidup.
Berdasarkan analisis regresi tiga variabel penelitian pada stimulus Vignet diperoleh hargar 0.113 dengan harga p=0.039 dan pada stimulus foto diperoleh harga r = 0.022 dengan harga p 0.006, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan berargumen dan berpikir kritis dengan kepedulian siswa SD terhadap lingkungan hidup. Namun demikian apabila ditinjau lebih lanjut ternyata hanya kemampuan verbal saja yang memiliki korelasi yang signifikan terhadap ketrampilan berpikir kritis. Sedangkan kepedulian lingkungan hidup dan kepribadian tidak berkorelasi. Selanjutnya apabila diuji beda antara kemampuan ekspresi tulis dan ekspresi lisan ternyata ditemukan perbedaan, hasilnya lebih baik ekspresi tulis (rerata mean 16.59) dari pada ekspresi lisan (rerata mean = 12.57)
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis, psikologi, keterampilan berpikir |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | Michael Dafa Bala Putra |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 02:29 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 02:29 |
URI: | https://ir.lib.ugm.ac.id/id/eprint/15964 |